Sabtu, 08 Desember 2012

Penemuan Terbaru dalam kedoteran_Vaksin AIDS


Antibodi Baru Bantu Penemuan Vaksin AIDS





Jakarta (ANTARA News/Reuters) - Para peneliti telah menemukan antibodi yang dapat melindungi dari virus AIDS dan mungkin dapat menggunakannya untuk merancang sebuah vaksin untuk melawan virus fatal yang tidak dapat disembuhkan.
Tubuh beberapa orang membuat protein sistem kekebalan tubuh setelah terinfeksi virus AIDS, bila terlambat sulit bagi mereka melakukannya dengan baik. Namun vaksin yang dirancang dengan baik mungkin membantu tubuh memproduksi itu lebih cepat, para peneliti melaporkan dalam jurnal Science edisi Jumat.

"Saya lebih optimistis tentang vaksin AIDS saat ini dari pada 10 tahun terakhir," kata Dr Gary Nabel dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi, yang memimpin studi ini, dalam sebuah wawancara telepon.

Dua dari antibodi dapat menempel dan menetralkan 90 persen berbagai mutasi human immunodeficiency virus penyebab AIDS, ujar Nabel.

"Ini merupakan antibodi yang berkembang setelah terinfeksi. Itu adalah bagian dari masalah kita dalam menghadapi HIV - sekali saja seseorang terinfeksi, virus ini selalu terdepan dari sistem kekebalan tubuh," kata Nabel.
AIDS menginfeksi sekitar 33 juta orang di seluruh dunia, menurut badan PBB AIDS. Aids telah membunuh 25 juta orang sejak wabah ini dimulai pada awal 1980-an dan tidak ada vaksin atau obat, walaupun obat-obatan dapat membantu mengendalikannya. Virus tersebut sulit untuk dilawan karena sebagian menyerang sel sistem kekebalan tubuh dan sebagian bermutasi terus-menerus, menjadikannya sasaran bergerak untuk obat atau sistem kekebalan tubuh.
Sudah hampir mustahil untuk membuat vaksin yang akan mempengaruhi virus. September lalu, para peneliti melaporkan penemuan terbesar mereka namun dengan vaksin yang muncul untuk menurunkan tingkat infeksi sekitar 30 persen pada sukarelawan Thailand, tapi persidangan menuai banyak pertanyaan.

Sasaran Bergerak
Para peneliti mencari bagian virus yang tidak bermutasi sehingga mereka dapat merancang vaksin yang akan melindungi terhadap virus yang terus berubah. Tim Nabel menemukan dua antibodi dalam darah pasien terinfeksi HIV yang tidak sakit walaupun terinfeksi. Orang-orang ini disebut non-progressors dan peneliti mempelajari sistem kekebalan tubuh untuk mengetahui mengapa mereka mengendalikan virus lebih baik daripada kebanyakan pasien.
Mereka kemudian menemukan sel sistem kekebalan tubuh disebut B-sel yang membuat antibodi ini khusus, menggunakan perangkat molekul baru yang mereka temukan. Dalam eksperimen lain, mereka berhasil membekukan salah satu antibodi dalam proses penyambungan dan menetralkan virus, mendapatkan gambar tingkat-atom dalam proses yang disebut x-ray kristalografi.
Mampu "melihat" seperti apa struktur tersebut memungkinkan para peneliti merancang vaksin menggunakan proses yang disebut desain vaksin rasional, yang serupa dengan suatu teknik membuat obat yang disebut rancangan obat rasional, kata Nabel.
Vaksin juga memungkinkan untuk desain terapi gen guna membantu pasien membuat antibodi itu sendiri, atau menggunakan teknik lama dengan transfusi antibodi secara langsung. Salah satu antibodi, yang disebut VRC01, sebagian meniru cara sel kekebalan disebut CD4 T-sel yang melekat pada sepotong virus AIDS yang disebut gp120, kata para peneliti.

"Antibodi melekat pada bagian virus yang tak berubah, dan menjelaskan mengapa mereka dapat menetralkan seperti berbagai jenis HIV yang luar biasa," kata Dr John Mascola, yang bekerja pada studi ini, dalam sebuah pernyataan.

"Penemuan ini luar biasa luas menetralisir antibodi terhadap HIV dan analisis struktural yang menjelaskan bagaimana mereka bekerja adalah perkembangan menarik mempercepat upaya kami untuk menemukan vaksin pencegahan HIV untuk digunakan secara global," Direktur NIAID Dr Anthony Fauci mengatakan dalam sebuah pernyataan. Selain itu, teknik yang digunakan tim untuk mencari antibodi baru merupakan strategi baru yang dapat diterapkan untuk merancang vaksin untuk berbagai penyakit menular lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar