Minggu, 16 Desember 2012

Pidato Hari Kartini



Pidato Hari Kartini | Meningkatkan Derajat Kaum Wanita

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, ibu sarmidawati selaku kepala sekolah SMAN 3, yang saya hormati bapak, ibu guru dan teman-temanku sekalian yang saya sayangi. Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini. Shalawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, serta kita sekalian sebagai umatnya hingga akhir zaman.

Teman-teman yang berbahagia,
Pada hari ini, 21 April, kita akan memperingati Hari Kartini. Sebagaimana kita ketahui, R.A. Kartini adalah seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan hak asasi bagi para wanita. Ia telah membawa perubahan untuk kaum wanita di Indonesia. Beliau berusaha untuk memperjuangkan persamaan hak dan kewajiban wanita dengan golongan pria. Atas perjuangannya, kaum wanita Indonesia saat ini dapat meraih kebebasan dan memiliki hak serta sederajat dengan kaum pria.

Pada saat itu kaum wanita tidak boleh memiliki kedudukan atau jabatan yang tinggi seperti pria, sebagai seorang wanita kartini merasa tidak terima akan adanya hal itu. Beliau berkeinginan agar para wanita juga memiliki dan boleh menuntut ilmu seperti pria. Beliau kemudian mendirikan sekolah yang menyertakan wanita sebagai muridnya. Berkat perjuangan beliau wanita kini ada yang menjadi seorang pengusaha, guru, direktur dan pemimpin negara.

Teman-teman yang berbahagia,
Pada saat ini kita hanya bisa mengenangnya. Maka, mari kita sama-sama mengenang hari Kartini. Hari dimana Kartini dilahirkan. Dengan mengenang Kartini diharapkan kita bisa lebih menganal tentang Kartini dan juga kita bisa meningkatkan derajat wanita.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan atau salah kata. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar